Akibat Pemakaian HP Terlalu Lama

0
Dalam kegiatan sehari-hari tentu sja kita sering menggunakan brang yang satu ini yaitu HP, terutama dikalangan anak sekolah seperti kita.

      Kita sering manggunakan HP untuk sms, telepon atau fb-n .ngaku aja lah ...pasti sering kan ??
Ditambah lagi, operator-operator yang mengumbar banyak promosi yang murah-murah ,menyediakan yang serba gratisan ,gratis sms lah,gratis nelpon, atau gratis fb-n.Hal itu semakin mendorong kita untuk terus-menerus berinteraksi dengan HP.
Namun taukah kaliyaan ??
Berinteraksi terlalu lama dengan HP dapat menimbulkan kerugian juga ,bahkan menurut saya lebih banyak kerugiannya .

      Cara meletakkan HP juga sangat berpengaruh besar. Terkadang kita sering mengantongi HP kita pada kantong baju sebelah kiri. Kondisi seperti ini ternyata tidak baik karena dapata mengganggu fungsi kerja jantung.Untuk penggunaan HP, tidak dianjurkan pada pemakaian lebih dari 5 tahun. Selain sudah terlalu jadul dan ketinggalan jaman, juga dapat berakibat buruk pada fungsi organ-organ kita.

     Yang hobi telponan lama-lama ,hayo....? Itu dapat mengganggu pendengaran karena menggunakan headset.Perlu kita ketahui beberapa lama ini dokter di Inggris dibingungkan dengan berbagai penderitaan di telinga dan pipi para penduduk, yang ditandai dengan adanya peradangan pada kulit, dan merupakan tanda adanya alergi. Setelah lama diteliti ternyata kemerahan dan radang alergi tersebut muncul karena alergi yang dipicu akibat penggunaan HP yang terlalu lama, demikian laporan dari Association of Dermatologists (Asosiasi Ahli Kulit). Kelompok tersebut menjuluki penyakit kulit yang gatal dan kemerahan akibat penggunaan HP tersebut sebagai “mobile phone dermatitis,” yang menyerang mereka akibat adanya reaksi alergi karena permukaan HP yang terbuat dari nikel..
   
    Saya sendiri juga pernah mengalaminya bahkan sering .Saya mengalami gatal-gatal pada kulit telapak tangan, kemudian ke tangan kemudian kulit menjadi kemerah-merahan seperti alergi. Setiap saya memegang HP terlalu lama (seringnya buat sms-an),tangan saya menjadi sepeti itu. Karena dalam 1 hari mengirim sampai 100 sms. Walaupun saya coba untuk tidak sms terus-menerus, Tapi sangat sulit.

    Selain itu, menurut salah seorang dokter spesialis saraf, penggunaan HP yang terlalu lama dapat mengganggu fungsi syaraf. Bisa berakibat fatal yakni kanker otak.bahaya bangaet itu ! Maka sebaiknya saat telpon sebisa mungkin kita menggunakan speaker. Tapi pake speaker juga kira-kira y, misalnya di tempat umum kita telpon kemudian di speaker akan mengganggu orang di sekitarnya. Lalu bagaimana ? menurut artikel pernah saya baca daripada kita telpon-telponan yang ngga' penting masih mending sms-n.

 
     Selain mengecilkan volume pada HP baik dering ataupun nada tunggu, kita juga perlu tahu bahwa mengangkat telepon sebaiknya jangan sampai menunggu dering atau getaran yang terlalu lama. Lebih baik segera angkat telepon pada dering atau getaran pertama. Ini dapat mencegah pengaruh-pengaruh buruk diatas.

   Jadi kesimpulannya ,,sesuatu sebaiknya jangan berlebihan. Kita cari amannya saja .

0 komentar:

Posting Komentar