RELAKSASI

0

 Sebelum membahas tentang relaksasi, saya akan memberitahu Anda tentang 'GELOMBANG OTAK' terlebih dahulu. Setidaknya saya ingin Anda paham mengenai gelombang otak.
berikut kilasannya ,



Gelombang Otak terdiri dari :
1. Beta (14 – 100 Hz). 
Dalam frekuensi ini kita tengah berada pada kondisi aktif terjaga, sadar penuh dan didominasi oleh logika. Inilah kondisi normal yang kita alami sehari-hari ketika sedang terjaga (tidak tidur). Kita berada pada frekuensi ini ketika kita bekerja, berkonsentrasi, berbicara, berpikir tentang masalah yang kita hadapi, dll. Dalam frekuensi ini kerja otak cenderung memantik munculnya rasa cemas, khawatir, stress, dan marah. Gambar gelombang otak kita dalam kondisi beta adalah seperti dibawah ini.
400px-eeg_betasvg.png


2.Alpha (8 – 13.9 Hz). Ketika otak kita berada dalam getaran frekuensi ini, kita akan berada pada posisi khusyu’, relaks, meditatif, nyaman dan ikhlas. Dalam frekuensi ini kerja otak mampu menyebabkan kita merasa nyaman, tenang, dan bahagia. Berikut gambar gelombang alpha.
400px-eeg_alphasvg.png

3.Theta (4 – 7.9 Hz). Dalam frekuensi yang rendah ini, seseorang akan berada pada kondisi sangat khusyu’, keheningan yang mendalam, deep-meditation, dan “mampu mendengar” nurani bawah sadar. Inilah kondisi yang mungkin diraih oleh para ulama dan biksu ketika mereka melantunkan doa ditengah keheningan malam pada Sang Ilahi. Berikut gambar gelombang otak kita ketika berada dalam kondisi theta.
400px-eeg_thetasvg.png


4.Delta (0,1 – 3,9 Hz). Frekuensi terendah ini terdeteksi ketika orang tengah tertidur pulas tanpa mimpi. Dalam frekuensi ini otak memproduksi human growth hormone yang baik bagi kesehatan kita. Bila seseorang tidur dalam keadaan delta yang stabil, kualitas tidurnya sangat tinggi. Meski tertidur hanya sebentar, ia akan bangun dengan tubuh tetap merasa segar.

Demikian sedikit penjabaran tentang gelombang otak.
Ada 4 macam .
  1. Beta ,kita sebut ini adalah tahap aksi. Dimana pada tahap ini kita berfikir dan bahkan stres,terletak pada tahap ini.
  2. Alfa ,kita sebut ini tahap relaks . Karena di sini ,kita dapat menenangkan pikiran kita. Begitu santai dan relaks.
  3. Tetha ,kita sebut ini tahap inspirasi. Yang di tahap ini seseorang dapat menemukan inspirasi ,ide-ide dan gagasan .
  4. Delta ,kita sebut ini tidur. Karena seseorang yang tertidur,dia mencapai tahap delta. Yaitu kita tidur tenang tanpa bermimipi.
Sekarang saatnya kita membahas tentang relaksasi.
Relaksasi adalah keadaan dimana kita tenang tanpa memikirkan suatu ytang berarti . Maksudnya, pikiran kita benar-benar damai tanpa ada beban yang dirasa. Cara mudah untuk mencapai tahap dimana kita tenang yaitu saat tidur. Tidaur yang dimaksud adalah tidur tanpa mimpi. Coba Anda bandingkan ntara tidur tanpa mimpi dengan tidur yang bermimpi. Terkadang mimpi membuat tidur kita tidak nyenyak. Seperti saya sendiri, karena mimpi saya jadi bangun kesiangan dan gara-gara mimpi juga,saya setelah bangun menjadi kurang fresh . Saya mengambil kesimpulan ternyata bermimpi itu capek .hehehe

Nah,bagaimana cara yang paling mudah untuk membuang semua beban pikiran kita tanpa kita tertidur ?

coba ini :
  1. lihat ke atas
  2. tutup mata
  3. bola mata tetap tertahan di atas
bagaimana rasanya ? apa yang anda rasakan ?
mengapa itu terjadi .....?

jawabannya ,akan saya lanjutkan nanti .wkwkwkwk ;)

0 komentar:

Posting Komentar